28 Februari 2022

aut-phot

Balasan Cepat

Bayangkan kamu baru saja mengirim pesan ke seseorang yang memintanya untuk bertemu dan berharap untuk mendapat balasan dalam waktu dekat. Sudah dua hari kemudian dan kamu masih belum mendapat jawaban. Tetapi baru-baru ini kamu mendapatkan orang itu memposting gambar baru di media sosial. Alih-alih menindaklanjuti melalui pesanmu sebelumnya, kamu justru “menyukai” postingannya di media sosial, kamu berharap agar dia menyadari telah melewatkan pesan darimu. Seminggu lagi berlalu sebelum dia menjawab dengan "Maaf atas keterlambatannya!!" Ketika kamu akhirnya bertemu, ternyata dia benar-benar lelah dengan pekerjaannya dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk bertemu denganmu saat itu.

Hampir tidak mungkin untuk berhenti berkomunikasi dengan teman dan kolega hanya karena alasan mengharapkan balasan cepat. Kita tidak dapat berasumsi bahwa orang lain akan memberi tanggapan dengan cepat atau lambat seperti yang kita harapkan. Namun setiap orang memiliki prioritasnya masing-masing. Bagi orang tersebut, ada beberapa hal yang menjadi prioritasnya, ada banyak hal yang harus diselesaikan selama waktu tersebut.

Tidak apa-apa untuk beristirahat dari komunikasi online terkait apapun dan menghabiskan beberapa menit di platform media sosial. Posting di media sosial memungkinkan pikiranmu untuk membebaskan diri dari tenggat waktu yang menuntut dan fokus kembali. Tentu ini tetap sopan untuk merespon kembali secepat mungkin tapi kadang-kadang memakan waktu lebih lama dari yang kita harapkan.



Jika kamu sedang menunggu seseorang untuk membalas pesanmu, jangan langsung mengambil kesimpulan buruk dan berpikirlah positif. Kecuali jika kamu harus mendapatkan balasan secepatnya, ingatlah bahwa orang mungkin memiliki banyak hal. Kita semua membutuhkan waktu lebih lama untuk membalas seseorang daripada yang kita harapkan dan rencanakan. Jika kamu menindaklanjuti dua kali tanpa tanggapan, beralihlah ke media lain. Jika kamu mengirim email terlebih dahulu, mungkin coba hubungi mereka di Whatsapp.

Jika kamu perlu menanggapi seseorang dan dapat menjawab dalam 60 detik atau kurang, segera tanggapi. Jika mendesak, segera tanggapi agar pengirim tahu bahwa kamu telah membaca pesan mereka dan akan menghubungi mereka lagi nanti. Buat janji pada dirimu sendiri di kalendermu untuk menjawabnya. Untuk hal-hal yang kurang mendesak, jangan ambil pusing. Blokir waktu untuk menindaklanjuti nanti sesuai keinginanmu.

Tidak apa-apa untuk istirahat.

Orang sering menggunakan pesan singkat dan email di luar jam kerja, dan mereka masih mengharapkan balasan cepat. Dalam setiap media, penting untuk menghormati batasan sesorang. Meskipun mungkin tampak relatif sederhana untuk menanggapi pesan singkat atau email dengan cepat, itu tidak selalu sesederhana itu. Ketika seseorang memposting di media sosial, itu bisa menjadi cara mereka untuk beristirahat sejenak dari stres di sekitar pekerjaan mereka. Meskipun kita ingin segera menanggapi seseorang, ada kalanya hal itu tidak memungkinkan. Jadi, istirahatlah...

Pesan Email×

Be Happy